CATATAN KRITIS – BEM-KM UTM 2020

CATATAN KRITIS

KASTRAD THINK : NASIB BURUH DI TENGAH WABAH COVID 19

“Tiga tuntutan buruh yakni tolak Omnibus Law, stop pemutusan hubungan kerja (PHK), dan liburkan buruh dengan upah serta THR 100 persen.”

Pada pertengahan tahun 2019, masalah terhadap buruh terjadi dengan revisi UU Ketenagakerjaan yang di nilai lebih menguntungkan para pemodal. Belum tuntas mengusut persoalan ini, narasi mengenai Omnibus Law muncul di awal periode kedua pemerintahan Joko Widodo. Omnibus Law atau aturan sapu jagat ini merevisi puluhan UU dengan tujuan untuk mempercepat investasi. Sayangnya, Omnibus Law ini malah mempreteli hak-hak buruh sebagai tenaga kerja, baca selengkapnya…




Bidikmisi Diganti KIP Kuliah, Perubahan yang Efektif ?

 (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Peluncuran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) menuai banyak komentar dari sejumlah kalangan. Terutama dari siswa sekolah yang belum memiliki kartu KIP Pelajar padahal secara ekonomi mereka kurang mampu dan ingin untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya yaitu masuk ke Perguruan Tinggi yang diinginkan. Banyak yang menganggap bahwa implementasi program ini hanya sebagai upaya untuk mewujudkan janji politik bukan demi kebaikan agar siswa kurang mampu yang ingin melanjutkan kuliah bisa terbantukan dengan adanya program ini. baca selengkapnya …


OMNIBUS LAW

sumber gambar : TEMPO/M Taufan Rengganis

Pasti kalian semua bertanya-tanya mendengar kata yang asing ditelinga kita, apasih omnibus law itu kalimat yang sering di perbincangkan sama elit – elit politik kita yang pasti itu adalah sebuah istilah atau konsep yang menyangkut bangsa ini kedepan baca selengkapnya….


NADIEM MAKARIM DAN PAKET KEBIJAKAN KAMPUS MERDEKA

(foto: Wahyu Putro A/Antara) via https://katadata.co.id

 

Akhir-akhir ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menjadi pusat perhatian publik. Peluncuran program yang disebut paket kebijakan ‘Kampus Merdeka’ dinilai sebagai gebrakan baru yang cukup mengejutkan. Pasalnya, kebijakan  ini bisa dikatakan out of the box dan berdampak signifikan. Tidak berlebihan jika kemudian kebijakan ini disambut positif karena kaitannya dengan upaya peningkatan kualitas mutu pendidikan perguruan tinggi di Indonesia. Apa saja sih isi paket Kampus Merdeka ala Nadiem Makarim ?

baca selengkapnya …